Metropolitan

350 Kardus Masker Diamankan Polisi Gerebek Tempat Penimbunan Masker di Apartemen Tanjung Duren

Kepolisian menggerebek tempat penimbunan masker di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat. 350 kardus masker diamankan aparat kepolisian dari sebuah apartemen di kawasan Tanjung Duren. "Polsek Tanjung Duren sita 350 kardus masker berbagai merek di apartemen kawasan Grogol," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/3/2020).

Namun, Yusri belum mau membeberkan secara detail mengenai pengungkapan kasus ini. Ia akan menjelaskannya pada Rabu (4/3/2020) esok. "Iya, besok ya dijelaskannya," kata Yusri.

Diketahui, pasca merebaknya virus corona, masker dan hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alkohol menjadi barang langka yang ditemukan. Sejumlah tempat seperti apotek, toko obat maupun minimarket sudah beberapa waktu belakangan tak lagi menjual dua benda tersebut lantaran kosongnya pasokan. Sekalipun ada yang menjual, harganya sudah naik berkali lipat.

Sejak wabah virus Corona terjadi di Wuhan China, banyak warga di dalam negeri berburu masker sehingga menyebabkan kelangkaan. Kondisi tersebut semakin parah, saat dua warga negara Indonesia teridentifikasi terinfeksi virus corona. Banyaknya permintaan, membuat harga masker melambung tinggi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar wabah virus Corona tidak dimanfaatkan untuk memperkaya diri. Saat ini menurut Presiden ketersediaan masker di Indonesia mencapai 50 juta. "Nanti pak menteri biar cek tapi dari informasi yang saya terima stok yang di dalam negeri kurang lebih 50 juta masker ada," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa, (3/3/2020).

Untuk masker masker tertentu menurut Presiden memang jumlahnya terbatas. Meskipun demikian presiden meminta agar tidak ada yang menimbun masker untuk keuntungan pribadi. Bahkan ia meminta Kapolri Jenderal Idham Azis untuk menindak tegas pelaku yang menimbun masker.

"Saya juga memerintahkan Kapolri menindak tegas pihak pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum seperti ini yang menimbun masker dan menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. hati hati ini saya peringatkan," kata Presiden. Harga masker di pasaran maupun e commerce naik berkali kali lipat. Harga masker N 95 maupun masker medis naik 10 kali lipat dari harga kondisi normal.

Seperti masker medis di salah satu toko online e commerce mematok harga satu dusnya seharga Rp 483.000,00. Ada juga 100 pcs masker medis diskon Rp1.595.999 dari harga awal Rp 2.683.064. Harga masker N 95 di toko online juga naik, satu dus berisi 20 pcs masker N 95 seharga Rp1.950.000,00.

Harga masker Sendi di jual di pasaran seharga Rp 450.000 500.000 per box dengan isi 50 lembar. Sementara masker N 95 jenis 3M 8210 yang dijual Rp 1,7 juta untuk isi 20 pcs.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close