Travel

6 Hal yang Sering Diperhatikan Pilot saat di Penerbangan tapi Tak Pernah Disadari Penumpang

Penumpang pesawat biasanya memperhatikan hal hal yang menyangkut kenyamanan saat di pesawat. Mereka biasanya memperhatikan tempat duduk, perilaku penumpang lain ataupun pelayanan pramugari. Berbeda dengan penumpang yang memperhatikan soal kenyamanan, pilot pesawat dilatih untuk memperhatikan hal hal detail di pesawat yang menyangkut keselamatan.

Para pilot harus memperhatikan hal hal tersebut demi perjalanan yang aman. Sebagian besar penumpang cenderung khawatir tentang turbulensi. Namun, menurut Tanya Gatlin, seorang pilot dan associate professor di Metropolitan State University of Denver, turbulensi tidak seburuk yang dipikirkan kebanyakan orang.

"Ini bukan sesuatu yang akan menyebabkan kecelakaan atau bahkan faktor keselamatan," katanya. Gatlin lebih khawatir pada es dan salju. Menurutnya es dan salju bisa menganggu pendaratan pesawat.

Aroma dapat menjadi salah satu indikator terkuat bahwa ada sesuatu yang salah pada pesawat. Untuk itu pilot akan mengenali bau yang ada di pesawat apakah itu berasal dari bahan bakar atau cairan lainnya. Pilot berpengalaman akan tahu jika ada perubahan sudut cahaya yang datang melalui jendela kabin.

Tom Farrier, mantan direktur keselamatan Asosiasi Transportasi Udara menjelaskan sudut cahaya bisa jadi tanda pesawat sudah merubah arah. Menurut Patrick Smith, pilot dan penulis mengatakan banyak penumpang sebenarnya tidak mengharapkan penjelasan tentang penundaan penerbangan meski iu hatus dilakukan. Menurutnya penumpang akan lebih frustasi kalau tidak ada penjelasan tentang penundaan penerbangan.

Pilot dan pramugari memiliki rutinitas dalam pendaratan pesawat. Pilot biasanya menyampaikan akan mendarat dalam kurun waktu tertentu sebelum mendarat. Banyak penumpang mengabaikan selama briefing keselamatan, tetapi pilot mengerti betapa pentingnya hal itu.

Dalam hal pendaratan darurat, penumpang mungkin tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk mencari tahu di mana pintu keluar berada. Namun, pilot akan tahu di mana pintu darurat berada.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close