Otomotif

Alasan Jangan Copot Cover Plastik di Mesin Motor Matic, Ini Manfaatnya

Pada beberapamesindi motormatickeluaranHonda, terdapatcoverplastikyang ternyata ada kegunaannya. Banyak dianggap dapat mengganggu kerjamesinkarena menutupi,coverini punya fungsi penting. Sebab ada sebagian bikers yang melepascoverplastikdimesindengan tujuan memaksimalkan pendinginan kemesin.

“Hal tersebut salah besar, karenacoverplastikini dirancang agar dapat membantu proses pendinginanmesin,” ungkap Chairul Anwar, Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan. Cover plastik tersebut memang terlihat menutupi seluruh bagian luar area blok silinder mesin motor. Kalau diteliti, memang ada jalur di bagian cover yang dirancang oleh pabrikan dengan maksud tertentu.

“Fungsinya untuk menyalurkan angin dari lubang di kanan motor. Kalau dicopot malah bikin mesin gampang panas,” terangnya. Jika memang suatu saat mesin perlu dibongkar atau sedang servis, pastikan cover tersebut kembali terpasang dengan baik. Keberadaancovertersebut diklaim merupakan bagian dari perbaikan desainmesinmotor generasi sebelumnya.

“Gejala sepertimesinmati mendadak akibatoverheatsaat di kemacetan bisa terjadi kalau covernya dilepas,” pungkas Chairul.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close