Nasional

Anggun Sedih Lihat Tingkah Peziarah di Makam BJ Habibie : Saatnya Edukasi untuk Generasi Selfie

Penyanyi ternama Anggun C Sasmi mendadak sedih ketika melihat tingkah laku peziarah di makam BJ Habibie. Anggun C Sasmi berpendapat kini sudah saatnya ada edukasi untuk generasi selfie. Diketahui bersama ada kejadian yang menuai kontroversi saat pemakaman BJ Habibie.

Presiden ke 3 RI BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019). Prosesi pemakaman BJ Habibie dilakukan secara militer. Pemakaman BJ Habibie juga dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Banyak pejabat juga keluarga yang menyaksikan proses pemakaman BJ Habibie. Bahkan ribuan masyarakat juga turut hadir di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk melihat proses pemakaman BJ Habibie. Namun sayangnya suasana haru pemakaman BJ Habibie diwarnai tindakan kontroversial oleh peziarah.

Sejumlah peziarah melakukan selfie di depan nisan makam BJ Habibie. Namun, suasana sempat tak terkendali ketika orang orang lainnya berebut untuk mendekat ke makam. Hal ini ketika banyaknya orang yang mayoritas ibu hanya ingin berpose bersama di makam BJ Habibie.

Petugas yang mencoba mengatur orang orang itu sempat kewalahan. Para pengungjung seolah tak menghiraukan imbauan petugas agar tertib. Orang orang itu terus saling dorong dan berebut untuk berfoto atau selfie dengan berbagai ekspresi.

Bahkan, adapula yang berfoto dengan pose tertawa memamerkan nisan almarhum BJ Habibie. Kelakuan sejumlah pengunjung itu dikeluhkan pengunjung lainnya yang juga datang ke lokasi pemakaman. Iskandar (50), warga Bekasi, sedih menyaksikan tingkah orang orang yang lebih mementingkan untuk eksis berfoto ketimbang mendoakan mendiang BJ Habibie.

"Saya lihatnya saja miris sekali. Ibu ibu dan remaja itu sebenarnya datang ke sini buat apa? Beliau itu mantan presiden, orang penting. Baru hitungan menit dikuburkan. Tapi makamnya malah jadi objek foto," ungkap Iskandar. Iskandar dan banyak orang lainnya memilih menunggu sampai suasana benar benar sepi.

"Karena saya datang ke sini ya buat mendoakan beliau. Bukan seneng seneng berfoto gitu," imbuhnya dengan nada prihatin. Sementara, sejumlah ibu terus mendesak bahkan berebut untuk bisa berpose di dekat nisan sang Presiden ketiga Republik Indonesia tersebut.

"Yang sudah gantian yang lain," teriak petugas yang berada dalam kerumunan. Bahkan, nisan BJ Habibie sampai miring karena banyak disentuh oleh warga yang berfoto dilokasi pemakaman. Petugas pun sampai berteriak karena melihat nisan makam BJ Habibie yang miring.

"Ibu, awas itu nisannya sampai miring begitu. Hati hati dong," ungkapnya melihat sejumlah orang berebut berpose dan berpegangan nisan yang belum sejam ditancapkan itu. Sementara, petugas lainnya sibuk terus mengingatkan supaya orang orang itu tak menginjak makam di sekitarnya, yang notabene adalah para tokoh penting. Tingkah orang orang yang selfie ini juga sempat terdokumentasikan dalam bentuk foto.

Akun Instagram Anggun C Sasmi memposting foto foto ketika orang orang menjadikan nisan makam BJ Habibie sebagai objek foto. Ada dua slide postingan foto tingkah orang orang di makam BJ Habibie yang diposting Anggun C Sasmi. Di slide kedua, foto tersebut dibuat kolase seperti kumpulan dari sejumlah foto.

Dalam keterangannya Anggun C Sasmi mengaku mendadak sedih ketika melihat foto nisan makam BJ Habibie dijadikan objek selfie. "Melihat foto ini mendadak sedih," tulis akun Anggun C Sasmi Anggun C Sasmi berpendapat kini sudah saatnya sudah ada edukasi untuk mereka yang getol melakukan selfie tanpa mengenal tempat

"Mungkin sudah saatnya ada edukasi untuk para “Generasi Selfie” yang harus belajar menilai situasi dan melihat konteks. Ada saat untuk bisa selfie dan untuk tidak. Ada banyak hal yang bisa diposting tapi banyak juga yang tidak perlu.

Foto makam Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie, " tulis Anggun C Sasmi Pendapat Anggun C Sasmi ini juga diamini oleh penyanyi Dewi Gita. Dewi Gita melalui akun Instagramnya menulis turut merasa sedih melihat foto nisan makam BJ Habibie jadi objek selfie.

"Masya Allah,, sedih banget lihatnyaa," tulis Dewi Gita di kolom komentar postingan Anggun C Sasmi Bertrand1407 : Demam kebutuhan gambar relevan terkini buat upload di sosmed.. its sad but it is what it is… no compassion and thoughts about non others but oneself.(*)

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close