Kesehatan

Bibir Kering dan Hitam Bisa Jadi Mimpi Buruk Buat Wanita, Ketahui Penyebab dan Penanganannya

Ada tujuh hal yang tidak disadari dapat menyebabkanbibir keringdan hitam. Mengalami bibir keringdan hitam bisa jadi mimpi buruk bagi sebagian wanita. Sebab, kondisi demikian membuat penampilankurang maksimal. Tak hanya mengganggu penampilan,bibir keringdan hitam juga bisa menimbulkan rasa perih dan gatal. Berikut ini sejumlah informasi mengenai penyebab dan cara penanganan bibir kering dan hitam dari sejumlah dermatologis bersertifikat.

Siapa sangka bila sengatan matahari dapat membuat bibir kering dan hitam.Bibir merupakan area sensitif dengan kulit yang sangat tipis. "Karena mereka sangat tipis, mereka lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, dan Anda bahkan dapat terkena kanker kulit di area ini," kata Jill Waibel, MD, pemilik Miami Dermatology and Laser Institute. Untuk itu, Waibel menegaskan untuk selalu menggunakanlip balmdengan SPF kapan saja ketika sedang beraktifitas di luar ruangan.

Bila bibir kering dan hitam terjadi secara berkelanjutan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab kerusakan bibir akibat sinar matahari dapat menjadi kondisi pra kenker yang dikenalactinic cheilitis. Alergi dapat menyebabkan bibir kering dan hitam.Waibel menganjurkan untuk selalu melihat kandungan dari produkmake upyang digunakan.

"Dermatitis Kontak alergi adalah diagnosis yang sangat umum untuk kekeringan di bibir," jelasnya. “Anda bisa menjadi alergi akibat pasta gigi, obat kumur, atau sesuatu di lipstik Anda — misalnya mewarnai.” Coba hindari produk produk tersebut selama dua minggu untuk melihat apakah bibir akan sembuh.

Jika tidak ada perubahan, Waibel menyarankan untuk memeriksa diri ke dokter untuk segera mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Dalam beberapa kasus, jika bibir selalu kering seseorang dapat dinyatakan memiliki bibir kering yang kronis. "Ini bisa sangat umum pada pasien dengan riwayat kondisi kulit kering, misalnya, psoriasis atau eksim," kata Waibel.

Perawatan mungkin melibatkan penggunaan salep seperti Aquaphor ke area tersebut dua kali sehari atau untuk menerapkan Lip Balm Dr. Dan yang mengandung hidrokortison. Hindari kesalahan kesalahan umum yang menyebabkan bibir menjadi lebih kering. Bibir kering sangat identik dengan dehidrasi.Tsippora Shainhouse, MD, dokter kulit dan instruktur bersertifikat di University of Southern California mengatakan bibir kering adalah satu tanda tanda awal dehidrasi.

Hal itu terjadi karena kulit bibir sangat tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak atau keringat. "Kehilangan air melalui bibir sebenarnya 3 hingga 10 kali lebih besar daripada melalui kulit di wajah atau kulit lainnya di tubuh," kata Shainhouse. “Ketika Anda memperhatikan bahwa bibir Anda kering, konsumsi beberapa gelas air untuk membantu mengatasinya," tambahnya.

Bernafas melalui mulut juga bisa menyebabkan bibir kering. "Bukan masalah besar, kecuali bahwa itu dapat membuat bibir Anda terasa kering dan kencang karena penguapan uap air ketika mulut Anda terbuka sepanjang malam," kata Shainhouse. Biasanya seseorang bernafas melalui mulit ketika alergi kronis dan hidung tersumbat.

Untuk mengatasi itu, cobalah menggunakan Vaseline, Aquaphor atau minyak Vitamin E sebelum tidur agar bibir tetap lembab. Bisa juga gunakan humidifier di malam hari. Menjilat bibir memang bisa mengurangi kekeringan bibir selama beberapa menit. Namun sayangnya hal itu tidak berlangsung lama. Faktanya, begitu air liur menguap, bibir bisa menjadi lebih kering.

“Menjilati bibir secara kronis atau biasa biasa saja dapat benar benar menciptakan lingkaran setan dari bibir kering yang teriritasi yang tidak akan sembuh. Ketika bibir menjadi kering, mereka bisa merasa kencang dan bahkan mungkin retak dan menyengat. Sadarlah kebiasaan ini, dan minta orang lain untuk menunjukkan ketika Anda melakukannya, sehingga Anda dapat secara aktif bekerja untuk berhenti," ujar Shainhouse. Sama seperti kelembaban rendah di dalam tubuh yang dapat menyebabkan bibir kering.

Kelembaban rendah di lingkungan juga dapat menyebabkan bibir kering. Meskipun kita tidak mungkin mengendalikan cuaca, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dan bibir agar tidak kering dan pecah pecah. “Cuaca kering benar benar menyedot kelembapan dari bibir Anda untuk 'membantu menambah kelembapan' bagi lingkungan,” kata Shainhouse.

"Angin hanya menambah masalah dengan meningkatkan kehilangan air yang menguap," tambahnya. Shainhouse menyarankan menggunakan pelembab bibir untuk menghidrasi bibir.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close