Metropolitan

Fakta & Kronologi Remaja Tewas Tersetrum Aliran Listrik di Kemayoran Akibat Banjir Jakarta Hari Ini

Peristiwa banjir yang terjadi di beberapa wilayah Jakarta hari ini, Rabu (1/1/2019), turut membawa berita duka. Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya terjadi sejak Selasa (31/12/2019) sore, menyebabkan wilayah di Jakarta dan Bekasi paling parah terdampak banjir. Akibatnya, seorang remaja meninggal dunia akibat tersetrum kabel listrik telanjang yang terendam banjir saat tidaksengaja tersenggol.

Mengutip , peristiwa seorang pelajar yang tewas kesetrum aliran listrik yang bersumber dari kabel telanjang itu terjadi pada Rabu (1/1/2020) subuh. Informasi sementara, korban diketahui tewas akibat tersetrum aliran listrik yang bersumber dari tiang listrik PLN di pemukiman warga yang mengalami kebocoran setrum. Saat ini, jenazah sudah dibawa ke rumah duka, Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mengutip , korban tersengat listrik itu diketahui bernama Alvico Arif Ardana (16). Alvico meninggal dunia diduga karena tersetrum aliran listrik di genangan air di Jalan Kampung Irian gang 2, Serdang, Kemayoran pada Rabu (1/1/2020). Kabid Humas Polda Metro, Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, informasi tersebut didapat dari ketua RT setempat yang sedang kontrol wilayah sekitar pukul 06.00 WIB.

"Saksi (ketua RT) mendapat informasi dari warga bahwa ada korban tersetrum di TKP," kata Yusri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/1/2020). Saat ketua RT tersebut tiba di lokasi, korban yang merupakan warga setempat, tampak sudah tidak bernyawa. Yusri mengatakan, dugaan ada warga yang tersengat aliran listrik, karena tak jauh dari lokasi kejadian terdapat tiang listrik.

Kemudian, warga melaporkan temuan jenazah Alvico ke Polsek Kemayoran. Ia mengatakan, pihak keluarga sudah membuat surat pernyataan untuk tak melakukan visum pada jenazah Alvico. "Keluarga korban membuat surat pernyataan tidak divisum dan tidak menuntut secara hukum," jelas Yusri.

Ia lantas berharap agar warga yang beraktivitas di wilayah banjir agar menjauhi tiang listrik karena bisa membahayakan keselamatan. Sementara, dikutip dari , Lurah Serdang, Rizka Handayani, membenarkan bahwa ada warganya yang tewas tersetrum listrik. Rizka menyatakan peristiwa itu terjadi pada pukul 05.30 Rabu (1/1/2020).

"Iya tersengat listrik, kejadiannya pagi tadi. Sekarang sudah dievakuasi," kata Rizka saat dikonfirmasi, Rabu (1/1/2020). Menurut Rizka, wilayahnya mengalami genangan air akibat hujan deras yang mengguyur tanpa henti. Dia menduga, kejadian korban tengah berada di dekat tiang listrik.

Namun, Lurah Serdang ini belum bisa menjelaskan secara detail kejadian tersebut. Humas PT PLN, Dita, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan investigasi terkait peristiwa tersebut, dibantu aparat Polsektro Kemayoran yang menangani kejadian ini. "Masih proses investigasi PLN dengan Polsektro Kemayoran. Kita belum bisa comment lebih lanjut," ujar Dita.

Sementara, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Ikhsan Asaad mengimbau, masyarakat melakukan lima hal ini jika wilayahnya mulai tergenang air. "Pertama, matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Kedua, cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak," ujar Ikhsan, dikutip dari , Rabu (1/1/2020). Ketiga, warga diminta memindahkan atau menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

"Keempat, apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan," lanjut Ikhsan. Kelima, setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

"PLN dan perwakilan warga nantinya akan menandatangani berita acara penormalan aliran listrik bila semua perangkat listrik dari sisi warga maupun PLN sudah sama sama siap," tambah Ikhsan.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close