Travel

Gua Son Doong Bisa Memuat Bangunan Berlantai 40 Deretan Gua Terbesar di Dunia

Gua merupakan lubang alami yang selalu menggoda untuk dijelajahi. Dengan menelusuri gua, bisa dibilang seseorang sudah memasuki sebagian kecil dari perut Bumi. Ada banyak gua dengan beragam ukuran dan panjang di muka Bumi.

Beberapa di antaranya bahkan tercatat sebagai gua terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Pada 1991, seorang pria yang hidup di hutan Vietnam bernama Ho Khanh menemukan celah masuk gua, tapi ketika dimasuki bagian dalamnya langsung menurun drastis, yakni lebih dari 200 kaki. Ho pun tidak dapat memasukinya.

Penemuan Ho Khanh memancing rasa penasaran penjelajah lain yang kemudian melaksanakan misi untuk memasuki gua. Pada 2009, ekspedisi menjelajahi Gua Son Doong dilakukan pertama kali oleh Asosiasi Penelitian Gua Inggris (BCRA). Temuan ini menunjukkan Gua Son Doong sebagai gua terbesar yang pernah diketahui.

Panjang gua Son Doong mencapai lebih dari 5,5 mil atau 8,8 kilometer dan beberapa lubangnya dapat dimuati oleh bangunan berlantai 40. Gua Son Doong juga memiliki sungai dan hutan perawan yang tumbuh dan berkembang 600 kaki atau sekitar 182 meter di bawah permukaan Bumi. Hutan ini ada di bagian gua di mana atapnya telah runtuh, sehingga memungkinkan masuknya sinar matahari.

Dari permukaannya, Taman Nasional Mammoth di Kentucky tengah memiliki luas 80 mil persegi. Namun, di bawahnya terbentang labirin gua yang disebut sebut sebagai gua terpanjang di dunia. Hingga kini, 365 mil atau sekitar 587 kilometer sistem gua ini telah berhasil dijelajahi tapi tak ada yang tahu sampai mana Gua Mammoth terbentang.

Pasalnya, selalu ada lubang gua dan ceruk baru yang ditemukan. Manusia pertama kali memasuki Gua Mammoth pada 4.000 tahun yang lalu. Gua Mammoth memiliki formasi bebatuan stalaktit yang menakjubkan dan terbentuk dari rembesan air melalui langit langit batu kapur gua selama ribuan atau bahkan jutaan tahun.

Gua Mulu terletak di Taman Nasional Gunung Mulu, Malaysia. Ini terkenal sebagai gua terpanjang dan terbesar di dunia. Dengan Sarawak Chamber yang memiliki luas 1,66 juta kaki persegi, panjang mencapai 2.000 kaki (609 meter), dan tinggi 260 kaki (79 meter).

Saking besar, Sarawak Chamber dapat menampung 40 unit pesawat Boeing 747. Sementara, ada ribuan kelelawar yang tinggal di Gua Mulu dan ketika mereka keluar saat matahari terbenam menjadi daya tarik wisata. Terletak beberapa mil dari Desa Tulum, Sistema Sac Actun merupakan sistem gua bawah air terpanjang kedua di dunia.

Hingga kini, lebih dari 130 mil atau 209 kilometer sistem gua telah dijelajahi. Gua bawah air ini diakses melalui Gran Cenote, destinasi wisata yang terkenal bagi para penggemar snorkeling dan scuba dive. Cenote atau lubang runtuhan ini merupakan satu dari ratusan lubang yang bertebaran di sistem gua besar ini.

Gran Cenote terbuka sepanjang hari bagi wisatawan dan hanya dikenai biaya yang relatif murah untuk berenang di dalamnya.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close