Otomotif

Ini Ada Fungsi Vital Kenapa Air Radiaotor Sengaja Dikasih Perwarna

Masih banyak yang belum tahu nih? ternyataair radiatoryang dibuat berwarna ada fungsinya. Selain untuk identitas pabrikan, ternyata warna diair radiator punya fungsi vital. "Biasanya untuk masing masing pabrikan motor berbeda warna, kalau Honda air radiatornya sudah berwarna hijau," buka Ribut Wahyudi, Service Advisor Honda Bintang Motor.

Air radiatordiberi warna ternyata supaya memudahkan dalam membedakan dengan cairan lainnya. "Jadi ketika ada kebocoran, bisa langsung identifikasi apakah yang bocor oli atau air radiator," kata Faeru Haryadi, Bussines and Development Top 1 beberapa waktu yang lalu. Ada beberapa warna air radiator atau coolant, yang paling banyak digunakan hijau, merah, kuning bahkan biru .

"Jadi enggak benar kalau beda warna air radiator beda khasiatnya. Semuanya hanya pewarna saja," kata Ribut Wahyudi. Jadi tidak ada kaitannya sebenarnya antara warna dan kualitas air radiator. Dengan diberikan warna juga membuatair radiatorlebih mudah terlihat jika terjadi kebocoran.

Maklum, fungsiair radiatormemang sangat penting dalam menjaga kondisi mesin ketika bekerja. Jadi sekarang sudah tahu fungsi warna diair radiatorbukan?

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close