Nasional

Inovasi di Sektor Peternakan dalam Hadapi Tantangan Era Digital

– Menghadapi laju ekonomi di era digital, Dompet Dhuafa kembali mengepakkan kolaborasi dengan menggandeng TaniHub. Kolaborasi untuk mengembangkan inovasi teknologi di bidang social enterprise yang memberikan dampak besar bagi petani maupun peternak lokal Indonesia. Melalui layanan peer to peer landing TaniFund—sister company dari TaniHub, kedua belah pihak mencoba mewujudkan kesejahteraan petani dan peternak lokal.

Bentuk kerja sama tersebut berupa opsi pembiayaan bagi peternak hewan kurban binaan Dompet Dhuafa. Roberto Akyuwen, Direktur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, setelah kerjasama tanifund dan tanihub, ia berharap dompet dhuafa terkoneksi dengan beberapa pintek pintek bidang yang relevan. "Sangat senang berharap terekspose semua BPD yang jumlahnya ada 26 plus 1. Sebanyak 26 yang murni milik daerah satu yang milik BUMD yaitu bank Banten . Kemudian terekspose ke 1745 BPR yang sebagian konvensional dan sebagian syariah," katanya.

Pengembangan teknologi bersama TaniFund bertujuan untuk mengembangkan kapasitas para peternak lokal di berbagai provinsi di Indonesia, melalui sentra ternak. Peran kelompok atau sentra ternak adalah memberdayakan peternak binaan dan mengoptimalkan hasil produksi. Dalam program tersebut, di tahap awal melahirkan 25 kelompok ternak di Pulau Jawa.

Targetnya adalah menghasilkan 50.000 hewan ternak yang penyerapannya melalui Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa mengatakan, seiring dengan perkembangan dunia digital, kolaborasi memberdayakan peternak mandiri dalam upaya membangun negeri. "Menjadi satu keniscayaan untuk menciptakan Social Enterprise sehingga peternak dapat merasakan dampaknya secara langsung," katanya.

Dompet Dhuafa dan TaniFund berkolaborasi, berinovasi dengan teknologi terkini, untuk menjangkau semua kalangan. "Selain itu, melalui kolaborasi ini, kami mengajak dan mengajarkan kepada para peternak untuk mengelola usahanya secara professional,” jelasnya. Ivan Arie Sustiawan, selaku CEO TaniHub Group mengatakan kerja sama ini merupakan inovasi baru kami bersama Dompet Dhuafa, untuk memberdayakan para peternak di Indonesia.

Sejalan dengan salah satu pilar kami, yaitu Social Impact. "TaniFund dapat menjadi solusi bagi petani dan peternak untuk mendapatkan akses kepada keuangan (access to finance)," katanya.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close