Kesehatan

Insomnia? 5 Tips Ini Buat Tidurmu Lebih Cepat dan Nyenyak, Relaksasi Sebelum Tidur hingga Berjemur

Insomnia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang diakibatkan oleh inosmnia antara lain diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Sayangnya, banyak orang kesulitan menemukan cara untuk membuat tidur lebih cepat dan nyenyak.

Dilansir Medical Daily , U.S. Centers for Disease Control and Prevention, mengungkapkan setiap orang dewasa harus tidur setidaknya tujuh jam per hari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jika tidak, seseorang akan cenderung mengalami komplikasi tertentu. Seorang pengusaha dan peneliti di bidang kesehatan, Chris Masterjohn, menyarankan beberapa cara untuk mengatasi susah tidur.

Untuk mengatasi insomnia dan agar tidur lebih nyenyak, dibutuhkan manajemen waktu dan lingkungan yang ramah tidur. Berjemur di bawah sinar matahari pagi memungkinkan kamu untuk memiliki kebiasaan tidur yang sehat. Kebiasaan ini memberi ritme baik pada tubuh.

Selain itu, cara tersebut harus dilakukan pada saat kamu bangun tidur. Berada di luar selama setengah jam memungkinkan kamu menyerap sinar matahari alami yang cukup. Cara lain agar kamu dapat tidur nyenyak adalah menjaga suhu kamar.

Menjaga suhu kamar tetap dingin memungkinkanmu tidur tanpa gangguan. Suhu harus berkisar antara 65 hingga 76 derajat Fahrenheit. Dengan kata lain, suhu kamar harus berkisar 18 hingga 25 derajat Celcius.

Kualitas tidur dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan yang mendorong metilasi. Ini adalah proses yang melibatkan produksi melatonin yang membantu kamu mempertahankan tidur tanpa gangguan. Sebuah studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine menyarankan bahwa suplemen dengan vitamin B6 mengandung metilasi.

Suplemen tersebut juga membantu tubuhmu menghasilkan jumlah melatonin yang cukup untuk tidur yang lebih baik. Ini sangat membantu bagi orang yang terus menerus bangun di tengah malam, yang menunjukkan bahwa mereka kekurangan melatonin dalam tubuh. Asam amino triptofan meningkatkan kualitas tidur dan bersumber dari makanan berprotein.

Olahraga juga meningkatkan produksi triptofan. Makan lebih banyak karbohidrat juga hal penting. Kamu dapat meningkatkan transportasi asam amino ke otak dengan makan makanan tinggi karbohidrat saat sarapan dan berolahraga di siang hari.

Makan makanan yang cukup juga mencegah insomnia karena kekurangan karbohidrat pada hati. Hal ini menyebabkan kadar gula darah tidak stabil yang menyebabkan gangguan tidur. Tidur akan lebih mudah jika kamu mengikuti rutinitas psikologis secara rutin.

Kamu dapat bermeditasi dalam kegelapan atau bermain video game sambil mengenakan kacamata yang menghalangi cahaya. Kamu mungkin juga merasa lebih cepat mengantuk dengan membaca buku sebelum tidur. Sebagian besar membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk berhenti memikirkan pekerjaan.

Meskipun demikian, tertidur lebih mudah jika kamu bersantai satu atau dua jam sebelum tidur.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close