Sport

Jelang Borobudur Marathon, Panitia Penyelenggara Gelar Borobudur Marathon Radio Live Tour

Kejuaraan lari, Borobudur Marathon akan dilangsungkan pada 17 November 2019 di di Komplek Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Borobudur Martahon yang diselenggarakan oleh Kompas ini nantinya diikuti 10.000 pelari, yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu Marathon, Half Maraton dan 10K. Jelang kejuaraan tersebut panita penyelenggara terlebih dulu mengadakan Borobudur Marathon Radio Live Tour.

Tujuan dari acara ini adalah mensosialisasikan sistem pendaftaran ballot dan mengedukasi pelari Indonesia mengenai olahraga lari. Kali iniBorobudur Marathon Radio Live Tour singgah di Jakarta. Jakarta merupakan kota ke 6 yang dituju setelah Surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, dan Medan. Salah satu hal yang ditekankan dalam sharing tersebut yakni mengenai pemulihan dan persiapan jelang berlari.

“Banyak pelari yang datang ke saya mereka mengeluh cedera setelah berlari. Kenapa itu sering terjadi? karena banyak dari mereka yang berlari hanya ikut ikutan, hanya ikut trend saja,” “Untuk itu, acara semacam inibagaimana persiapan lari yang benar, maraton yang benar, recovery yang benar itu sebenarnya suatu keharusan yang dilakukan oleh penyelenggara sehingga diharapkan pelari pelari kita teredukasi sehingga mengurangi cedera itu bagian penting,” kata Dr. Andi Kurniawan di FX Sudirman, Jakarta, Selasa (14/5/2019).. Selain membahas mengenai recovery , Dr Andi juga memaparkan mengenai persiapan yang benar sebelum berlari.

“Dua hari sebelum race banyak sekali persiapan, pertama faktor nutrisi, karbohidrat, cadangan energi yang kita pakai untuk berlari selama 3 6 jam, itu harus ada. Kemudian persiapan perjalanan juga harus diatur, istirahat yang cukup,” ujarnya. Selain itu, kegiatan Borobudur Marathon Radio Live Tour juga memberikan cara mendapatkan slot Borobudur Marathon, yakni pelari harus mengikuti sistem ballot atau pengundian. Ada 8.000 slot yang disiapkan melalui jalur itu.

Sistem ballot adalah prosedur pengundian pendaftaran yang umum digunakan dalam banyak marathon besar di seluruh dunia seperti New York Marathon, Boston Marathon, dan Tokyo Marathon. Melalui sistem ballot ini, seluruh pelari dapat memiliki kesempatan mendapatkan slot peserta. Pendaftaran melalui sistem ballot itu dibuka selama 1 bulan penuh, dari 1 Mei sampai 31 Mei 2019. Para peserta tidak perlu mendaftar terburu buru untuk mendapatkan slot peserta.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close