Internasional

Kim Jon Un Dikabarkan Semprot Para Pejabat Korut Gara-gara Hal Ini

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akhirnya tampil di depan publik setelah hampir sebulan tidak muncul. Namun pada kemunculannya tersebut diktator itu langsung memarahi kinerja pejabat dalam penanggulangan wabah corona. Kim mengingatkan para pejabatnya tersebut agar tidak cepat berpuas diri setelah 6 bulan lamanya berjuang menangani penyebaran virus corona.

Hal itu dia sampaikan saat rapat bersama politbiro Komite Sentral Partai Pekerja Korea Utara. "Pemimpin tertinggi mengkritik tajam para pejabat yang kurang perhatian dan melazimkan sifat yang kurang baik," tulis sebuah laporan sebagaimana dilansir dari The Japan Times, Jumat (3/6/2020). Dia mengatakan penanganan virus corona yang gegabah akan menyebabkan krisis parah dan tidak dapat diperbaiki ke depannya.

Dalam pidatonya, pada Kamis (2/7/2020), tersebut Kim tidak menyebutkan ketegangan terbaru dengan Korea Selatan. Pasalnya, pada pertengahan Juni, Korea Utara melakukan provokasi dengan meledakkan kantor penghubung antar Korea. Peledakan itu disebut sebut sebagai tindakan provokasi terbesar Korea Utara atas Korea Selatan belakangan ini.

Kim sendiri absen dari hadapan publik sejak 8 Juni dan dispekulasikan mengalami masalah kesehatan. Kondisi kesehatan Kim merupakan salah satu rahasia yang dijaga ketat dan hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Namun pihak luar Korea Utara menduga dia telah menderita penyakit serius atau mengisolasi diri sendiri agar tidak tertular Covid 19.

Menteri Pertahanan Jepang, Taro Kono, dalam jumpa pers bulan Juni mengatakan bahwa dia percaya virus corona telah menyebar di Korea Utara. Itulah sebabnya Taro Kono percaya Kim mengisolasi dirinya agar tidak terinfeksi virus corona. Pada pertemuan politbiro partai tersebut pula, Kim mengklaim "kesuksesan besar" dalam penanganan virus Corona.

Hingga saat ini, Korea Utara belum melaporkan satu pun kasus positif Covid 19. Namun para ahli berpendapat salah satu negara termiskin di dunia tersebut memiliki ilmu pengetahuan medis yang cukup kuno sehingga dapat membuatnya kewalahan menghadapi Covid 19. (Danur Lambang Pristiandaru)

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close