Internasional

Kumpulkan Rp 354 Juta Selama 4 Tahun VIRAL Pria Tabung Rp 200 Ribu Tiap Menahan Diri buat Merokok

Seorang pria yang menabung Rp 200 ribu tiap menahan dirinya untuk merokok viral di media sosial. Alhasil, dia memiliki uang sekitar Rp 354 juta selama empat tahun dari tabungannya tersebut. Dilansir China Press , hal ini dialami oleh pria asal Taiwan bernama Ye Zhimi.

Zhimi telah merokok sejak usia 14 tahun. Ia mampu menghabiskan satu hingga dua bungkus rokok perhari. Namun, saat berusia berusia 37 tahun, Zhimi mulai ragu melanjutkan kebiasaannya saat ia memiliki seorang anak.

Pasalnya, ketika Zhimi sedang merokok, anak laki lakinya yang kala itu berusia 4 bulan menjadi perokok pasif. Zhimi takut kesehatan anaknya menjadi terganggu. Alhasil, pria yang tinggal di Taipei tersebut menghentikan kecanduannya terhadap rokok.

Untuk meneguhkan tekadnya, Zhimi memiliki menerapkan metode denda terhadap diri sendiri. Setiap ia terpikirkan dan ingin merokok, dia menabung dua koin 50 Yuan, atau setara Rp 200 ribu. Kebiasan itu pun selalu dilakukannya selama empat tahun.

Setelah empat tahun, Zhimi mengakumulasi tabungannya. Sebanyak 3.527 koin telah ia kumpulkan. Seusai dihitung, total uang 'denda' merokok berjumlah 176.350 Yuan.

Dengan kata lain, Zhimi berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp 354 juta. Jika seluruh jumlah tabungannya dihitung, Zhimi memiliki uang senilai 310.000 Yuan atau Rp 623 juta. Secara khusus, ia telah menghemat uang sekitar Rp 269 juta untuk tidak merokok.

"Empat tahun tidak merokok dapat menyelamatkan uang saya senilai 131.000 Yuan (sekitar Rp 269 juta). Jadi, saya memiliki uang 310.000 Yuan," ujar Zhimi. Untuk memeriksa lebih rinci jumlah uangnya, Zhimi pergi ke mesin deposit koin. Saat diperiksa, ada tiga koin palsu senilai 150 Yuan (Rp 301 ribu) yang dimiliki.

Sehingga, uang asli yang dimiliki berjumlah 176.200 Yuan atau sekitar Rp 353,9 juta. Meskipun begitu, Zhimi tidak mempermasalahkan selisih uang tersebut. Pengalamannya itu diunggah di akun Facebook Ye Zhimi.

Sayangnya, unggahan tersebut telah dihapus. Dilansir China Press , unggahan Zhimi telah dibagikan sebanyak 6.000 kali per Minggu (10/10/2019). Berikut beberapa komentar para warganet yang sempat ditangkap China Press dalam unggahan Ye Zhimi.

"Keren! Anak anak bangga padamu." "Mengagumkan, ayah yang baik." "Hebat, saya tidak bisa menabung banyak meskipun tidak merokok."

Seorang pria di Taiwan membagikan ceritanya untuk berhenti merokok di Facebook dan warganet menjulukinya sebagai suami terbaik yang pernah ada. Dilansir Grid, pada hari kelahiran anak pertamanya, lelaki itu memutuskan untuk tidak menyentuh rokok lagi karena dia ingin memberikan lingkungan yang sehat dan kondusif untuk bayinya. Belum lagi, dia ingin menjadi panutan yang layak untuk dijunjung tinggi oleh anaknya.

“Saya akan menghemat semua uang biasanya aku gunakan untuk membeli rokok. Setiap kali ketika kecanduan mulai, saya akan menyimpan NT $ 50 (sekitar Rp 20 ribu). Sekarang, saya biasanya menyimpan NT $ 50 setiap kali saya mendapatkannya,” kata sang ayah, dikutip dari World of Buzz . Seperti yang dapat dilihat dari foto foto ini, meja itu penuh dengan koin NT $ 50 yang disimpan dalam setahun dan warganet memperkirakan bahwa koin koin tersebut bernilai lebih dari NT $ 60.000 (sekitar Rp27,2 juta). Setelah tetap bebas rokok selama beberapa waktu, ia memperhatikan perubahan positif dalam kesehatannya dan bahkan berencana menggunakan uang itu untuk membawa istri dan anaknya berlibur.

Dia menambahkan bahwa dia masih akan menghentikan kebiasaan itu karena menurutnya kesehatan tidak ternilai harganya.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close