Sport

Pembuka Laga Fajar/Rian Pukul 16.30 WIB Jadwal Laga Wakil Indonesia di Malaysia Masters 2020

Berikut jadwal laga pemain Indonesia di turnamen Malaysia Masters 2020 Super 500 yang akan disajikan di bagian berita. Gelaran BWF World Tour tahun depan akan dibuka perdana dengan ajang Malaysia Masters 2020. Ajang berlevel Super 500 ini akan digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia pada 7 12 Januari 2020 yang akan menawarkan hadiah total sebesar 400.00 Dolar Amerika Serikat atau jika dirupiahkan menjadi Rp5,6 miliar.

Pada Malaysia Masters tahun 2019, Indonesia berhasil membawa satu medali emas dan satu medali perak. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menyabet gelar perdananya di tahun ini. Sementara di posisi runner up diraih oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Berbeda dari tahun ini, tahun depan Indonesia mengirimkan 19 wakilnya ke Kuala Lumpur. Hal ini diketahui dari pengumuman akun Instagram resmi milik Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), @badminton.ina pada Rabu (27/11/2019). Seperti biasa, delapan pemain unggulan Top 10 World Ranking akan ikut serta dalam ajang ini.

Hal ini terjadi karena adanya perebutan posisi demi lolos kualifikasi Olympic 2020 yang bakal digelar pada 25 Juli hingga 3 Agustus mendatang. Dari 19 wakil yang dikirimkan, setidaknya ada tujuh wakil Merah Putih yang berstatus unggulan di ajang Malaysia Masters 2020. Di sektor tunggal putra ada dua nama yang masuk daftar unggulan, yakni Jonatan Christie berstatus unggulan keenam.

Sementara, Anthony Sinisuka Ginting masih menempati posisi unggulan kedelapan di ajang Malaysia Masters 2020. Tiga pasang ganda putra andalan Indonesia pun juga berstatus unggulan. Yakni sang juara bertahan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menjadi unggulan pertama, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sebagai unggulan kedua di Malaysia Masters 2020.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun menempati unggulan kelima di gelaran BWF World Tour Super 500 ini. Ganda putri juga memiliki satu nama yang terdaftar dalam pemain unggulan. Yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menempati daftar unggulan kedelapan pada ajang Super 500 ini.

Terakhir, di sektor ganda campuran ada pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menempati unggulan kelima. Pada Selasa (17/12/2019) BWF Tournament Software telah merilis hasil drawing Malaysia Masters 2020. Dari 30 nama yang sebelumnya diumumkan, kini hanya tersisa 19 wakil yang bakal berjuang di Kuala Lumpur.

Di sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto harus berhadapan dengan wakil Denmark, Viktor Axelsen di babak pertama. Sementara, Gregoria Mariska Tunjung harus bersiap melawan wakil Thailand, Ratchanok Intanon. Belum apa apa, pasangan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso pun harus menghadapi lawan kuat, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Di sektor ganda putri, posisi tiga wakil Indonesia terbilang aman di langkah perdana Malaysia Masters 2020. Terakhir, ganda campuranRinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan menantang pasangan tangguh asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Jonatan Christie mendapatkan keberuntungan di babak pertama lantaran bakal menghadapi pemenang di laga kualifikasi 2.

Anthony Ginting hanya pernah sekali bertemu dengan wakil Thailand, Sitthikom Thammasin. Terakhir pertemuan di Jepang Open 2019, Anthony Ginting menang rubber set dengan skor 20 22, 21 17, 21 6 di babak kedua. Shesar Hiren Rhustavito bakal berhadapan dengan wakil Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Rhustavito belum pernah sekalipun berhadapan dengan kampiun Hong Kong Open 2019. Sementara, Tommy Sugiarto bakal wakil kuat asal Denmark, Viktor Axelsen. Pertemuan di Malaysia Masters 2020 akan menjadi laga ketujuh bagi keduanya.

Dalam catatan head to head, Tommy baru menang dua kali atas Viktor Axelsen. Di babak kualifikasi, Ruselli Hartawan bakal berhadapan dengan wakil Taiwan, Pai Yu Po. Dalam catatannya, Ruselli hanya pernah menang satu kali dalam empat pertemuan sebelumnya.

Namun, pertemuan terakhir Ruselli menang di babak pertama Indonesia Masters 2019. Agak menakutkan bagi Gregoria Mariska Tunjung yang bakal melawan wakil kuat Thailand, Ratchanok Intanon. Pasalnya, dari enam pertemuannya dengan Ratchanok, Gregoria tidak pernah sekalipun merebut kemenangan.

Terakhir di laga final SEA Games 2019 tim beregu putri, Gregoria kalah dramatis dari Ratchanok. Fitriani pun harus menghadapi peringkat 23, Cai Yan Yan. Dari rekam jejaknya, Fitriani tak pernah menang dari wakil China tersebut dari dua pertemuan sebelumnya.

Ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mendapatkan hasil drawing yang menguntungkan. Pasalnya, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya akan menantang pemenang kualifikasi 2. Sementara, Hendra/Ahsan bakal menantang pasangan China, Ou Xuan Yi/Zhang Nan.

Kedua pasangan ini hanya bertemu satu kali di Fuzhou China Open 2019 dan dimenangkan oleh Hendra/Ahsan dengan laga rubber set. Sebagai unggulan kelima, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan melawan pasangan Denmark, Mathias Boe/Mads Conrad Petersen. Sayangnya, Fajar/Rian tidak pernah menang sekalipun dari Mathias/Mads dalam dua pertemuan sebelumnya.

Terakhir, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso bakal melawan lawan kuat asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Pertemuan kali ini akan menjadi laga kedua bagi Wahyu/Ade dan Kamura/Sonoda. Sebelumnya, kedua ganda putra ini pernah bertemu di All England 2015 yang dimenangkan oleh Kamura/Sonoda.

Di babak kualifikasi 2, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto akan berhadapan dengan pasangan India, Pooja Dandu/Sanjana Santosh. Kemudian di babak kualifikasi 3, Pia Zebadiah Bernadet/Anggia Shitta Awanda bakal melawan ganda putri Malaysia, Anna Ching Yik Cheong/Lim Chiew Sien. Sementara, Greysia Polii/Apriyani Rahayu bakal melawan pasangan peringkat 12 dunia, yakni Baek Ha Na/Jung Kyung Eun.

Hasil undian tersebut sedikit menguntungkan Greysia/Apriyani lantaran keduanya belum pernah bertemu sekalipun. Ganda campuran membawa empat pasang di babak utama. Undian menguntungkan untuk Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang bakal melawan pemenang kualifikasi empat.

Sementara, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja bakal melawan pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich. Dalam catatan head to head, Hafiz/Gloria berhasil memenangkan rekor kemenangan 1 0. Terakhir pertemuan di Jepang Open 2018 dengan dua game langsung.

Sementara, PR bagi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus melewati pertahanan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Dari dua kali pertemuan, Rinov/Pitha kalah atas Yuta/Arisa. Namun, dalam dua laga tersebut, Rinov/Pitha tidak mudah dilawan lantaran kalah dalam rubber set.

Terakhir, Ricky Karandasuwardi/Pia Zebadiah Bernadet bakal melawan pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Namun dalam pertemuan terakhir di Singapore Open 2019, Ricky/Pia kalah dalam laga rubber game. Pukul 12.30 WIB: Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika vs Man Wei Chong/Tan Pearly Koong Le Malaysia

Pukul 13.00 WIB: Lyanny Alessandra Mainaky vs Qi Xuefei Prancis Pukul 13.00 WIB: Ruselli Hartawan vs Pai Yu Po Taiwan Pukul 13.10 WIB: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Pooja Dandu/Sanjana Santosh India

Pukul 16.30 WIB: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5) vs Mathias Boe/Mads Conrad Petersen Denmark Pukul 17.15 WIB: Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (4) Jepang Pukul 18.55 WIB: Greysia Polii/Apriyani Rahayu (8) vs Baek Ha Na/Jung Kyung Eun Korea Selatan

Pukul 20.35 WIB: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2) vs Ou Xuan Yi/Zhang Nan China Sementara yang untuk pemain yang lainnya belum ada jadwal pasti.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close