Pendidikan

Pernah Dibayar Pakai Sagu Kisah Ayah Billy Mambrasar Jadi Guru Honorer 40 Tahun

Staf Khusus Jokowi, Gracia Billy Mambrasar menceritakan kisah sang ayah Isaschar Mambrasar yang mengadi menjadi guru honorer hampir 40 tahun. Billy Mambrasar menuturkan kisah ayahnya, Isaschar Mambrasar menjadi guru honorer dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada Senin (25/10/2019). Hal itu diutarakan Billy Mambrasar dalam laman Instagramnya.

Dalam postingan itu, Billy Mambrasar tampak mengunggah sebuah video bersama sang ayah. Di video tersebut, Billy Mambrasar bersamaIsaschar Mambrasar mengucapkan selamat hari guru nasional dengan bahasa Inggris. Keduanya tampak begitu fasih dalam bahasa asing.

"Hello everybody, my name is Billy Mambrasar and this is my father," tutur Billy Mambrasar. (Halo semuanya, nama saya Billy Mambrasar dan ini ayah saya) Lebih lanjut, Billy Mambrasar mengaku sang ayah telah mengabdi sebagai guru honorer hampir 40 tahun.

"My father has been serving this country as teacher, teaching previous 40 years, especially in Papua," tegas Billy Mambrasar. (Ayah saya telah mengabdi sebagai guru sekitar 40 tahun dengan mengajar di kawasan Papua) Tak sampai disitu, Billy Mambrasar menyatakan sang ayah ingin mengucapkan selamat hari guru nasional bagi pengajar Indonesia.

Dalam berbahasa Inggris, Billy Mambrasar mengucapkannya dan memberikan pesan untuk guru di Indonesia. "Hello all teachers, I want to say Happy National Teacher's Day. Please serve this country in teaching.

May God bless you," tegas Isaschar Mambrasar. (Halo seluruh guru Indonesia, saya mengucapkan selamat hari guru nasional. Tolong layani negara ini dengan mengajar.

Semoga Tuhan memberkatimu) Selain itu, di keterangan postingannya Billy Mambrasar menceritakan upah yang diterima sang ayah selama jadi guru honorer. "Papa saya, guru saya, panutan saya, tetes dari darah saya yang mengalir, guru dan pendidik anak anak Papua selama hampir 40 tahun, bukan dengan status PNS, dan pernah dibayar hanya dengan beras Bulog dan Sagu pada suatu waktu karena pengabdiannya di YPK (Yayasan Pendidikan Kristen) di Tanah Papua," tulis @billymambrasar.

Kemudian, Billy Mambrasar juga memberikan pesan sang ayah bagi anak dari golongan kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan. "Jangan menyerah!" tulis @billymambrasar. Sementara itu, ayah Billy Mambrasar menyampaikan pesan bagi golongan mampu dan mengalami kesulitan dan tantangan lain seperti kesulitan akademis agar juga tak menyerah.

Billy Mambrasar juga mengucapkan rasa terima kasihnya bagi seluruh guru Indonesia. Gracia Billy Mambrasar, satu dari tujuhstaf khusus presidenmilenial, berhasil lolos melenggang diIstana Negara. Pemuda yang akrab disapa BillyPapuaini lahir di Seerui, kepulauan Yapen,Papua.

Melansir dariWartakotapada Senin (25/11/2019), ayahnya merupakan guru, sementara ibunya berdagang kue. Billy disebut sebut sebagai anak yang rajin dan sering membantu sang ibu menjajakkan kue, bahkan hingga dirinya kuliah. Di daerah yang kala itu masih memiliki banyak keterbatasan, Billy mampu menyelesaikan pendidikannya dengan prestasi yang gemilang.

Priaberusia 30 tahun ini menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas di Jayapura. Ia kemudian melanjutakan pendidikan di Fakultas Teknik Pembangunan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung. Saat kuliah, Billy bekerja menjual kue sang ibunda dan menjadi penyanyi di kafe kafe.

Pada tahun 2006, Billy sempat menjadi finalis Indonesian Idol. DikutipGrid.IDdari akun LinkedIn miliknya, Billy diketahui mendapatkan gelarBachelor of Sciencedari University of London pada bidangPolitics and International Relations. Untuk gelar masternya, Billy memperolehnya dari Australian National University. Sementara kini Billy sedang dalam proses penyelesaian tesis studi gelar magister (MSc) di Fakultas Bisnis Di University Oxford.

Mengutip dariKompas.com, Billy sempat bekerja di perusahaan minyak dan gas asal Inggris. Namun, akhirnya ia memilih melepas pekerjaan tersebut untuk mengurus Kitong Bisa. Kitong Bisa merupakan yayasan yang fokus mengurus pendidikan anak anak di Papua.

Billy juga pernah diundang untuk magang oleh Pemerintah Amerika Serikat dan berbicara di depan United States Department of State. Dalam kunjungannya ke Gedung Putih, anak pedagang kue ini bertemu dan berjabat tangan dengan Barack Obama. Nah, berikutprestasi gemilang yang berhasil diraih Gracia BillyMambrasar:

Pada tahun 2015, Billy dinobatkan sebagai mahasiswa terbaik dariAustralian National University. Billy juga menerima sejumlh penghargaan bergengsidi antaranya Indonesia Delegate the Youth Assembly of the United Nations Toad Hal Resident of the year (2013), The Best Presenter of The CBE ANU Business Pitch Competition 2013, BP Technofest Asia Pacific Winner Indonesia Potential Leader, dan The Young Candidate Metro TV.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close