Sport

Reaksi Lee Chong Wei Sikapi Keputusan Pensiunnya Lin Dan

Keputusan pensiun yang diambil Lin Dan, Sabtu (4/7/2020) memantik reaksi dari legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei. Perseteruan Lin Dan dan Lee Chong Wei dapat dikatakan sebagai salah satu yang terhebat dalam sejarah dunia bulu tangkis pada masa silam. Tercatat selama kurang lebih 15 tahun lamanya, keduanya telah saling bertemu sebanyak 40 kali dalam pertandingan resmi.

Dimana, Lin Dan mampu unggul secara head to head dengan angka 28 12 terhadap Lee Chong Wei. Lin Dan bahkan disebut sebagai biang kerok kegagalan Lee Chong Wei meraih medali emas Olimpiade maupun juara dunia dalam karier bulu tangkisnya. Lee Chong Wei kini dapat disebut sebagai legenda bulu tangkis tanpa gelar Olimpiade dan Juara Dunia karena sosok Lin Dan.

Menyikapi keputusan pensiunnya Lin Dan, Lee Chong Wei tak sungkan membuat kalimat menyentuh hati untuk musuh bebuyutannya tersebut. Melalui akun instagram resminya, , dirinya mengunggah postingan dengan rangkaiankata indah untuk Lin Dan yang telah menjalani karir luar biasa selama 20 tahun lamanya. Kami tahu hari ini akan tiba, momen berat dalam hidup kami, kau menarik tirai dengan angggun, kau adalahseorang raja ketika kami bertarung dengan penuh kebanggaan, gelombang terakhir keempat anda telah menghilang, dalam keheningan air mata yang sunyi ," tulis Lee Chong Wei.

Pertemuan dalam ajang Malaysia Open 2005 tentu akan terus dikenang oleh Lee Chong Wei maupun Lin Dan mengingat turnamen tersebut menjadi awal perseteruan keduanya. Lee Chong Wei akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Lin Dan dalam pertemuan perdana tersebut. Semenjak itu laga sengit keduanya selalu menjadi momen yang dinantikan oleh para pecinta bulu tangkis dunia.

Seiring berjalannya waktu ternyata Lin Dan dinilai lebih mampu mengungguli Lee Chong Wei. Pertandingan final Olimpiade 2008 dan 2012 menjadi dua momen dimana pertarungan keduanya yang dianggap paling berkesan. Keduanya mampu menikmati perjalanan panjang menjadi sosok pebulu tangkis nomor satu dunia sektor tunggal putra.

Lin Dan dianggap lebih beruntung karena mengalahkan Lee Chong Wei dalam dua perhelatan terbesar olahraga tersebut. Lin Dan juga menjadi sosok krusial dibalik kegagalan Lee Chong Wei meraih gelar juara dunia dalam kariernya. Pebulu tangkis senior China tersebut mampu kembali membuat Lee Chong Wei tak berdaya dalam dua agenda besar.

Yakni perhelatan kejuaraan dunia tahun 2011 dan 2013. Lee Chong Wei dan Lin Dandapat dikatakan sebagaidua sosok pebulu tangkis yang memiliki karakter yang sangat berbeda. Meskipun mereka sebenarnya selalu terlihat berteman akrab di luar lapangan untuk menghormati satu sama lain.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close