Internasional

Reynhard Sinaga Bisa Disebut Psikopat

Reynhard Sinaga, pria warga negara Indonesia (WNI),jadigunjingan setelah divonis penjara seumur hidupoleh Pengadilan Manchester, Inggris, karena kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria. Saat proses persidangan, Reynhard Sinagamengaku tak bersalah.Ia berdalih hubungan seksualbersama korban dilakukan atas dasar suka sama suka. Padahal para korban tidak tahu ketika mereka diperkosa. Reynhard Sinaga memberikan minuman yang dicampur obat bius sehingga korban tidak sadarkan diri.

Berbagai spekulasi tentang gangguan kejiwaan pun banyak dilayangkan kepada Reynhard termasuk disebut sebagai psikopat atau seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan. Secara sikap, tingkah Reynhard yang mengaku tidak merasa bersalah memang atas perbuatannya, diidentikan sikap seorang psikopat. Tara de Thouars, M. psi, seoran psikolog, menyebutkan sosok psikopat memiliki gejala dominan berperilaku melanggar norma sosial dan minimnya empati.

“Contoh orang yang normal pasti merasa takut atau bersalah saat melanggar norma. Normalnya orang juga akan memiliki perasaan bersalah saat menyakiti orang lain,” ungkap Tara. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyimpangan tersebut seperti latar belakang kehidupan yang tidak baik. Kemudian yang kedua karena memang ada faktor gangguan kejiwaan yang terpupuk dan kemudian meluap dengan tindakan diluar kewajaran.

“Seseorang yang melakukan suatu tindakan yang parah pasti memiliki history hidup yang tidak baik, serta biasanya memiliki gangguan kejiwaan karena perilakunya bisa dikatakan diluar dari akal sehat ataupun kewajaran,” tutur Tara.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close