Nasional

RS Corona di Pulau Galang Ditargetkan rampung Dibangun Akhir Maret

Pemerintah pusat sedang membangun rumah sakit khusus untuk merawat pasien khusus virus corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mempersiapkan rumah sakit tersebut hingga dua pekan ke depan. "Bapak presiden sudah menginstruksikan ke bapak Panglima TNI kemarin waktu pertemuan khusus. Memberi tempo dua minggu harus sudah selesai untuk siap," ucap Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jln Medan Merdeka Barat, Senin (9/3/2020).

Muhadjir mengatakan Panglima TNI mendapatkan tugas untuk menambah fasilitas peralatan medis di rumah sakit tersebut. "Ya itu (peralatan medisnya) sudah diback up oleh Dinas Kesehatan TNI," tutur Muhadjir. Pulau ini sebelumnya menjadi tempat penampungan untuk pengungsi Vietnam.

Muhadjir mengatakan setidaknya pada akhir Maret, rumah sakit tersebut telah beroperasi. Meski begitu, dirinya berharap rumah sakit tersebut tidak dioperasikan. Mengingat, rumah sakit corona dioperasikan dalam keadaan memaksa ketika rumah sakit rujukan lain tidak dapat menampung pengidap corona. "Ya (akhir Maret), tapi mudah mudahan tidak dioperasionalkan," kata Muhadjir.

Seperti diketahui, rencananya rumah sakit ini nantinya akan dibangun dengan dua fasilitas. Dua fasilitas tersebut adalah, fasilitas observasi dan fasilitas isolasi.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close