Bisnis

Siapa Bos Garuda Indonesia di Pesawat yang Bawa Barang Selundupan

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengakui ada jajaran direksi di dalam pesawat Airbus A330 900 Neo yang mengangkut onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton ilegal. “Di dalam (pesawat) ada. Pokoknya ada direksi yang hadir,” ujar Ikhsan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Ikhsan menjelaskan, jajaran direksi berada di dalam pesawat tersebut karena sebelumnya mengikuti serah terima pesawat baru itu dari pabrikan di Perancis untuk dibawa ke Indonesia.

Namun, Ikhsan enggan menjelaskan identitas jajaran direksi yang berada di dalam pesawat itu. “Ada petugas petugas yang mengurus dokumen tentang pesawat sampai ke Tanah Air. Nah, barang barang itu memang ada petugas kita yang di claim tag bagasinya atas namanya dia,” kata Ikhsan. Namun, Ikhsan membantah onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton itu milik bos bos Garuda. “Bukan direksi (yang punya barang barang), dia petugas on board di dalam pesawat,” ucap dia.

Sebelumnya, petugas Bea dan Cukai mendapati barang barang ilegal berupa onderdil sepeda motor Harley Davidson saat pesawat Airbus A330 900 yang dipesan oleh maskapai pelat merah tersebut tiba di Indonesia pada pertengahan November 2019. Pesawat anyar itu didatangkan dari pabrikan Airbus di Perancis. Ternyata, onderdil ini dibawa oleh karyawan Garuda Indonesia. Adapun nilai onderdil motor itu disebutkan sekitar Rp 50 juta untuk biaya pajaknya.

Sementara itu,Direktorat JenderalBea CukaiKementerian Keuangan menyatakan, akan melakukan investigasi terkaitonderdilHarley Davidsonilegal diselundupkan masuk pesawat Garuda Indonesia. Direktur JenderalBea CukaiHeru Pambudi menjelaskan, investigasi dilakukan bersama pihak pihak terkait dalam waktu hingga dua hari kedepan. "Investigasi selesai 1 sampai 2 hari kedepan," ujarnya di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Heru menjelaskan, investigasi mendalam yang dilakukan nantinya tetap melalui penjelasan lengkap oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Nanti sama Ibu menteri, nanti kita ada konferensi pers ya," katanya. Sebelumnya diberitakan, pesawat Airbus A330 900 milik Garuda Indonesia kedapatan membawa masukonderdilmotorHarley Davidsonilegal oleh petugas Bea dan Cukai.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close