Nasional

Siapa Siti Nur Azizah dan Nur Asia Uno Diisukan Maju Pilwakot Tangsel 2020? Ini Profil Keduanya

Belum lama ini nama Siti Nur Azizah mencuat karena digadang gadang bakal maju di Pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan tahun 2020 mendatang. Siti Nur Azizah diketahui putri dari Wakil Presiden Terpilih Maruf Amin. Tidak hanya Siti Nur Azizah saja yang diisukan bakal maju Pilwakot Tangerang Selatan, tetapi ada nama Nur Asia Uno, istri dari mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno.

Siapa sosok Siti Nur Azizah dan Nur Asia Uno? Berikut profil singkatnya: Siti Nur Azizah lahir di Jakarta, pada 5 September 1972. Saat ini, Siti Nur Azizah menjabat sebagai Kepala Subdit Bina Faham Keagamaan Islam dan Konflik Sosial Kementerian Agama.

Siti Nur Azizah saat ini juga menduduki posisi Wakil Sekretaris Komisi Hukum dan Perundang perundangan MUI, anggota komisi di Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), serta Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Dosen Republik Indonesia (PDRI). Pada Januari 2019 ia dipinang politisi NasDem, Mohammad Rapsel Ali. Saat ini Rapsel terpilih sebagai anggota DPR periode 2019 2024.

Sebelum pernikahan dengan Rapsel, perempuan kelahiran Jakarta, 5 September 1972, itu telah dikaruniai sembilan anak. Ia merupakan lulusan program Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Krisna Dwipayana, Jakarta. Sebagaimana dikutip dari laman bimasislam.kemenag.go.id, Azizah mengaku pendidikan di keluarga dan figur orangtua yang aktif dalam organisasi sedikit banyak memengaruhi karakternya saat ini, yaitu memiliki target dalam bekerja.

Tidak hanya itu, baginya, kegiatan sosial kemasyarakatan merupakan input terbesar dalam pembentukan karakter dan pola kepemimpinannya. Ia pernah mewakili Indonesia promosi halal di Malaysia. Siti Nur Azizah menyatakan siap maju dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang.

Diketahui, adalah putri dari Wakil Presiden Terpilih Maruf Amin. Siti Nur Azizah yang menggantikan kedatangan ayahnya, mengaku masih menunggu waktu yang tepat untuk terjun ke masyarakat, khususnya warga . "Tunggu tanggal mainnya," ujar Siti Nur Azizah setelah acara Anugerah Banten Maju, di Merdeka Hall Intermark BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (23/7/2019) malam.

Siti Nur Azizah juga menyatakan siap berdedikasi di Tangerang Selatan, jika masyarakat mendorongnya terjun dalam kontestasi menjadi orang nomor satu di kota berslogan Cerdas, Modern, dan Religius ini. "Ya saya kira kalau memang kita diharapkan untuk memberikan dedikasi terbaik kita untuk Banten, saya kira semua putra putri Banten harus siap." "Dan ya bismillah kalau memang masyarakat mengharapkan dan mendukung, tentunya untuk kita bisa memberikan dedikasi yang terbaik untuk Tangsel," sambungnya.

Tangerang Selatan, kata , sudah memiliki potensi dari segi sumber daya manusia, jika dilihat banyaknya universitas berkualitas di dalamnya. Infrastruktur yang terus digenjot Wali Kota saat ini, Airin Rachmi Diany, dianggap dapat menjadi modal bagi kota termuda di Banten. "Saya kira itu merupakan modal capital yang baik. Kemudian juga masyarakatnya yang heterogen, yang merupakan masyarakat urban."

"Saya kira itu potensi cukup besar untuk membangun Tangsel lebih maju," imbuhnya. Menurut , niatnya untuk membangun menjadi lebih maju sebagai Wali Kota, akan disetujui ayahnya. "Masyarakat Banten khususnya Tangsel, mengharapkan dan mendukung kita untuk memberikan dedikasi karya terbaik kita yang bisa membawa Tangsel lebih maju."

"Abah (Maruf Amin) Saya kira akan mendukung," ucapnya. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membahas rancangan Peraturan KPU (PKPU) Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada Serentak 2020, pada Senin (24/6/2019) lalu. Pembahasan mengundang partai politik, Bawaslu, DKPP, dan LSM pemerhati kepemiluan.

Pilkada serentak 2020 akan digelar pada 23 September 2020, di 270 daerah. Rinciannya, sembilan provinsi, 224 kabupaten, serta 37 kota. Dari potret ketika Uno masih muda, tak banyak perubahan pada wajahnya walaupun usianya sudah kepala empat.

Bahkan, tak sedikit yang menyebut Uno ini terlihat awet muda. Beralih ke latar belakang pendidikannya, Uno ternyata pernah bersekolah di sebuah SMP di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kemudian, singkat cerita, Uno juga pernah mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Tepatnya, Uno pernah berkuliah di Stillwater, Oklahoma. Lantas, bagaimana kisah cinta Uno dan Sandiaga Uno bisa terjalin? Sandiaga Uno dan Uno, sejak kecil memang berdomisili di Kebayoran Baru.

Sandiaga Uno bersekolah di SMPN 13 Jakarta, dan Uno bersekolah di SMP Islam Al Azhar Pusat. Nur Asia Uno, bisa kenal dengan Sandiaga Uno, karena memang Sandi berteman dengan kakak Mpok Nur. Diceritakan Uno, ternyata dirinya dengan Sandiaga Uno telah menjalani masa pacaran 13 tahun lamanya.

Saat pacaran, kedua sejoli ini pun sering putus nyambung karena berbagai permasalahan. "Tiga belas tahun pacaran ya sempat putus nyambung putus nyambung, terus nyambung lagi," ujar Uno. Dalam sebuah wawancara dengan Rosiana Silalahi, di program Rosi, yang tayang di Youtube Kompas TV 26 Desember 2016, disebutkan bahwa kisah cinta Uno dan Sandiaga Uno ini ibarat kisah cinta antara anak tuan tanah dan si kutu buku.

Si kutu buku yang dimaksud adalah Sandiaga Uno, sementara anak tuan tanah ada Uno. Saat ditanya Rosiana Silalahi, apa alasan Uno mau menerima Sandiaga Uno sebagai pacar lanjut menjadi suami, Mpok Nur mengatakan bahwa Sandi merupakan sosok yang bisa jadi guru. "Karena Sandi itu buat saya di mata saya ini adalah sosok anak yang baik, selain dia pintar, dia juga guru buat saya, karena dia banyak mengajarkan saya dari kehidupan glamor sampai hal hal yang sederhana. Dan dia selalu mengajarkan gimana caranya menghargai orang lain, gimana caranya bantu orang susah, saya merasa cocok" ujar Uno.

"Apa nikmatnya meninggalkan kehidupan glamor untuk hidup lebih sederhana?" kata Rosiana Silalahi meimpali. Nur Asia Uno mengatakan, kebahagian tak dapat dibeli dengan uang. "Buat saya kebahagiaan itu gak bisa dibeli dengan uang. Ternyata selama ini yang saya dapat itu materi. Tapi begitu Sandi ajarin, ternyata orang itu melihat kamu jangan dari harta kamu, tapi orang itu harus melihat kamu di mana kamu bisa berbuat banyak untuk orang lain," ujar Uno.

Sandiaga Uno langsung bertepuk tangan gembira setelah mendengar jawaban Uno. Sandiaga Uno sempat dicolek Mpok Nur agar tak berlebihan tepuk tangan. Hingga akhirnya, mereka menikah di Singapura pada tahun 1996, tanpa pesta mewah.

Selama kurang lebih 23 tahun menikah, Sandiaga Uno dan Uno dikaruniai tiga orang anak, di antaranya Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno. Kini, Uno masih dikenal sebagai pribadi yang ramah senyum dan sering mengenakan pakaian yang sederhana namun tetap fashionable. Nur Asia Uno kerap kali memamerkan gaya busananya di Instagram.

Resep kebahagiaan Sandiaga Uno pun ternyata memang terletak pada sosok . Nur Asia Uno selama ini tak pernah pelit senyum, suka menghibur, dan enggak jaim alias jaga imej.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close