Nasional

Staf Khusus Presiden Tumpang Tindih Dengan KSP PKS

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai keberadaan staf khusus presiden tumpang tindih dengan struktur yang sudah ada di pemerintahan. Keberadaan staf khusus presiden tersebut tumpang tindih dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP). "Kelihatan tumpang tindih dengan KSP," ujar Mardani Ali Sera saat dihubungi, Jumat, (22/11/2019).

Meskipun, Mardani Ali Sera mengapresiasi pelibatan anak muda dan kaum difabel di dalam komposisistafkhususpresiden. Namun menurutnya perlu ada penjelasan tugas yang jelas kepada para staf khusus presidentersebut sehingga tidak tundih dengan lembaga yang sudah ada. "Tapi tanpa kejelasaan Tupoksi, bisa jadi aksesoris semata," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan nama 14 orang yang menjadi staf khusus presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Sebanyak tujuh di antaranya adalah nama nama baru dari kalangan milenial. Terdapat tujuh staf khusus yang diperkenalkan pada kesempatan itu adalah, Putri Tanjung, Adamas Belva Syah Devara, Ayu Kartika Dewi, Angkie Yudistia, Billy Mambrasar, Aminuddin Ma'ruf dan Andi Taufan Garuda Putra.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk dan mengumumkan nama nama staf khususnya, Kamis (21/11/2019). Beberapa di antara yang ditunjuk Jokowi merupakan kelompok milenial. Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan kehadiran milenial bukan sebagai pencitraan semata.

Namun, memang karena Jokowi membutuhkan mereka untuk memberi masukan dan berkontribusi ke depannya bagi program program presiden. Founder lembaga survei KedaiKOPI tersebut menilai Jokowi beruntung lantaran mendapatkan dan bisa mengangkat banyak milenial dalam staf khususnya. Hendri melihat sukses tidaknya milenial dalam staf khusus Jokowi akan berimbas kepada pandangan orang terhadap milenial lainnya di luar sana.

Bila sukses menjalankan tugas dan berkontribusi bagi pemerintahan, Hendri menyebut kaum milenial tentu akan mendapat pengakuan. "Kalau milenials ini berhasil akan berimbas juga untuk milenial milenial yang lain. Pengakuan pengakuan dari senior kepada milenial akan lebih sering dan ada terus menerus," kata dia. "Makanya hal itu akan berimbas juga ke anaknya presiden yang milenial. Kan anaknya presiden (milenial), seperti Gibran, Kaesang, pasti akan berimbas juga," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini memiliki 14 staf khusus, yang bertugas memberikan masukan dan menyampaikan informasi ke masyarakat terkait program pemerintah. "Tugas khususnya nanti adalah mengembangkan inovasi inovasi di berbagai bidang. Di sini anak anak muda semuanya," papar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Menurutnya, staf khusus presiden tidak perlu setiap hari bekerja di istana karena masing masing sudah memiliki kegiatan.

"Tapi minimal seminggu atau dua minggu pasti ketemu, bahwa masukan setiap jam, setiap menit kan bisa saja," ujarnya. Adapun staf khusus presiden yang dikenalkan Presiden Jokowi, di antaranya : 1. Angkie Yudistia (32) merupakan pendiri Thisable Enterprise.

2. Aminuddin Ma’ruf (33), mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Periode 2014 2017. 3. Adamas Belva Syah Devara (29) merupakan pendiri Ruang Guru. 4. Ayu Kartika Dewi (36), sebagai perumus Pergerakan Sabang Merauke.

5. Putri Indahsari Tanjung (23), CEO dan Founder Creativepreneur. 6. Andi Taufan Garuda Putra (32), CEO Amarta. 7. Gracia Billy Mambrasar (31), pemuda asal Papua yang mendapatkan beasiwa di Universitas Oxford.

Selain itu, ada tujuh tambahan Staf Khusus Presiden, yaitu: 1. Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, akademisi 2. Sukardi Rinakit, intelektual

3. Arif Budimanta, ekonom Megawati Institute 4. Diaz Hendropriyono, Ketua Umum PKPI. 5. Dini Shanti Purwono, Kader PSI, ahli hukum lulusan Harvard

6. Fadjroel Rachman Staf Khusus bidang Komunikasi 7. Anggit Nugroho Asisten Pribadi Presiden Jokowi.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close