Otomotif

Telusuri Lima Benua demi Ciptakan Mobil Terbaik Toyota 5 Continents Drive

Semangat untuk melampaui keterbatasan! Toyota kembali mendobrak ketidakmungkinan. Toyota Motor Corporation (TMC) bersama tim balap Toyota Gazoo Racing (TGR) melakukan program perjalanan 5 Continents Drive. Melansir situs resmi Toyota Gazoo Racing, melalui program ini Toyota ingin menantang para karyawannya untuk menyusuri jalanan di berbagai belahan dunia sekaligus mendengar masukan dari para pelanggan, distributor, manufaktur, dealer , dan komunitas sebagai stakeholder Toyota. Perjalanan Toyota 5 Continent Drive merupakan proyek berskala global. Genchi Genbutsu adalah mengumpulkan fakta secara langsung dari sumbernya; kondisi jalan dan kebutuhan konsumen.

Dalam proyek ini, para karyawan Toyota akan belajar langsung melalui masukan dari para pemangku kepentingan, sehingga Toyota dapat senantiasa mengembangkan “even better cars” di masa mendatang. Dengan kata lain, Toyota 5 Continents Drive mengajak para karyawan untuk duduk di balik kemudi dan merasakan langsung pengalaman berkendara di berbagai negara di lima benua. Oleh karena itu, mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tidak bisa didapat di trek uji coba dalam pabrik.

Proyek ini pertama kali berlangsung di Australia pada 2014, Amerika Utara pada 2015, Amerika Latin pada 2016, Eropa pada 2017, dan Afrika pada 2018. Tahun 2019 ini, Toyota 5 Continents Drive digelar di negara negara benua Asia, dengan closing event di Tokyo, Jepang. Perjalanan mengarungi benua Asia telah dimulai di Timur Tengah pada medio Februari Maret 2019. Sehingga sejauh ini, tim 5 Continent Drive telah berhasil menempuh catatan perjalanan sejauh 108.600 km selama 449 hari dengan peserta sebanyak 693 orang. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri India, Myanmar, dan Thailand pada pertengahan September hingga pertengahan Oktober 2019.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan di Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, dan Vietnam pada minggu pertama hingga minggu keempat November 2019. Sedangkan Indonesia sendiri akan jadi host perjalanan pada minggu kedua November 2019 mendatang. TGR sepakat dengan tipikal tes kendaraan yang ketat dan berat yang akan dilakukan lewat Toyota 5 Continents Drive. Senada dengan keyakinan Toyota bahwa “roads train people and people make cars” , TGR pun setuju bahwa jalan raya merupakan wahana paling pas untuk mengembangkan kendaraan yang andal, berkualitas, sesuai kebutuhan, dan punya daya tahan tinggi.

Melalui proyek ini, Toyota dan TGR mengusung semangat Genchi Genbutsu, yakni dengan turun langsung bersama karyawan Toyota, menyapa langsung customer untuk mengumpulkan informasi, mengunjungi dealer dealer lokal, dan mengendarai Toyota di jalan yang sama seperti yang dilalui pecinta Toyota di berbagai belahan dunia. Diharapkan, serangkaian proses ini dapat jadi acuan untuk membuat kendaraan yang jauh lebih baik. Toyota 5 Continents Drive merupakan tantangan besar berskala global bagi perusahaan otomotif asal Jepang ini. Pasalnya, Toyota harus mampu membuat kendaraan yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar di berbagai benua.

Tidak hanya itu, diharapkan ke depannya Toyota dapat memenuhi ekspektasi kebutuhan yang unik dan spesifik di setiap negara. Salah satu contoh suksesnya adalah produk Toyota di Indonesia. Ambil contoh produk yang bernaung di bawah proyek Innovative International Multi purpose Vehicle (IMV) yang telah membesarkan nama Toyota Kijang dan Toyota Innova sebagai 2 produk Toyota Indonesia yang sangat kuat dari dulu hingga kini dan menjadi pilihan kesayangan keluarga di Indonesia. Ilustrasi di atas hanyalah contoh dari sekian banyak torehan tinta emas Toyota yang membuatnya jadi salah satu car maker terbaik di dunia.

Tags
Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close