Otomotif

Tips dan Trik Beli Mobil Bekas di Waktu Social Distancing

Membeli mobil memang tidak selalu diharuskan untuk membeli yang baru. Anda juga bisa membeli mobil bekas. Keuntungan dari mobil bekas memang harganya lebih murah selain kita bisa lebih selektif dalam memilih tempat jual beli mobil bekas. Namun, apakah mobil bekas selalu tidak lepas dari kerusakan atau keminusan? Dibawah ini akan dijelaskan mengenai tips atau cara memilih mobil bekas.

Memperhatikan Tempat Pembelian

Untuk membeli mobil bekas pada ketika social distancing seperti saat ini yang pertama adalah memperhatikan tempat pembelian. Hal ini memang menjadi unsur kepercayaan pertama. Maka bagaimana caranya mengunjungi tempat jika keadaan situasi wabah yang seperti ini? Anda bisa menanyakan kepada teman atau keluarga yang ahli dalam masalah ini. Namun, tetap dianjurkan jika lebih baik Anda dapat langsung datang ke tempat untuk memastikan apakah tempat itu baik atau tidak dalam pemnjualan mobil.

Melihat Bagian Eksterior Mobil

Tips yang kedua adalah memeriksa dan melihat bagian eksterior. Pada bagian ini Anda harus jeli karena eksterior adalah tampilan yang dinilai dalam melihat mobil. Sebagai orang awam contohnya, ketika membeli mobil dengan tampilan yang menarik maka hal tersebut menjadi point utama. Dalam kegiatan beli mobil bekas Anda harus memeriksa apakah ada kerusakan atau sekedar goresan pada bagian bodi mobil. Pastikan kaca tidak ada yang retak. Cobalah meminta penjual untuk menyalakan lampu mobil. Dari sana Anda bisa mengetahui apakah mobil itu dalam keadaan aus atau tidak.

Melihat Bagian Interior Mobil

Setelah memeriksa bagian bodi atau eksterior mobil maka kini saatnya Anda harus mengecek bagian dalam aksesoris mobil. Cermati beberapa komponen yang ada didalam mobil. Lihatlah AC, karpet, jok, dan juga langit-langit mobi. Anda juga bisa masuk dan menoba jok apakah masih digunakan dengan normal atau tidak. Anda juga bisa mencoba bagian buka dan tutup jendela apakah ada kemacetan atau tidak. Dan yang terakhir adalah cobalah untuk mengecek lampu sein, hazard, dan juga lapu rem. Audio pada radio mobil juga dapat dicoba untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencoba Peforma Mobil

Jika berbicara mengenai performa maka tentu saja tidak lepas dari penjelasan mengenai mesin. Sebenarnya, ketika Anda membeli mobil cek dulu keadaan mesin dari mobil tersebut. Percuma saja jika bodi mobil bagus tanpa cacat namun kondisi mesin yang bobrok. Coba nyalakan mesin dan perhatikan suaranya. Jika suara mesin halus dan tidak kasar berarti mobil tersebut dalam keadaan sangat baik. Selain itu, mesin yang bagus memiliki ciri tanda jika tidak rewel ketika ingin distarter.

Menanyakan Kelengkapan Surat

Tips yang terakhir adalah menanyakan mengenai kelengkapan surat. Dalam hal ini sangat wajib mengingat surat berkendara akan selalu mendampingi Anda dalam hal berkendara. Pastikan BPKB dan STNk dari mobil yang akan dibeli dalam keadaan baik-baik saja. Dan jika perlu, pastikan nama BPKB dan STNK dengan nama orang yang memiliki mobil tersebut. Hal ini menghindari kecurigaan terhadap mobil yang tidak jelas asal-usulnya.

Sangat banyak tips jual beli mobil bekas atau cara yang harus Anda perhatikan. Lakukan tips diatas untuk mendapatkan pilihan mobil yang maksimal dan juga dalam kondisi yang baik. Untuk masalah harga Anda dapat memperkirakan dengan situasi dan kondisi mobil yang sedang dijual tersebut. Cek bagian eksterior, interior, performa mesin, dan juga kelengkapa surat.

Show More

Meita Estriani

Rahasia kehidupan adalah jatuh tujuh kali dan bangun delapan kali. Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close